BURUNG CUCAK BIRU


Bila dibandingkan dengan burung sejenis seperti Cucak Hijau, Cucak Jenggot, Cucak Rowo Bisa dibilang burung cucak biru tidak setenar mereka. Hal ini mungkin Bisa dimaklumi sebab populasi burung cucak biru sudah sangat langkah ditemukan. Padahal soal kemampuan Kicauan, Cucak Biru juga tidak kalah hebat dengan yang lain, apalagi bila dilatih penghobi yang profesional dan Sudah Berpengalaman, Bukan tidak mungkin jika dilombakan burung cucak biru Bisa Menjadi pemenangnya.

vian bird farm 
Di Indonesia burung dikenal nāma Cucak Biru, ada sebagian Yang menyebutnya Cucak Gadung, sedangkan di luar negeri disebut Asia Peri Bluebird, dengan nama latinnya Irena Puella. Sekilas burung Cucak Biru terlihat Sangat Menawan, apalagi dengan perpaduan warna biru hitam pada bagian tubuhnya, ditambah Ciri mata merah Yang dimilikinya membuatnya terlihat menarik Dan gagah sebagai burung pengicau.
Karakter suara kicauan Cucak Biru berisi tembakan-tembakan yang tinggi Dan melengking, banyak Yang menyamakan dengan karakter Cucak Hijau. Hanya Saja Variasi Kicauan Yang dimiliki Cucak Biru lebih Terbatas, namun Bukan Berarti burung cucak biru hanya bisa berkicau dengan nada yang itu-itu saja. Sebab Cucak Biru juga mempunyai kemampuan untuk merekam Suara burung Kicauan lainnya dengan baik. sehingga Bila dilatih Dari Kecil Dan didekatkan dengan burung Kicauan lainnya, Suara Variasi Kicauan burung Cucak Biru Bisa bertambah.
vian birdfarmDibanding di negara Indonesia, burung Cucak Biru sebenarnya lebih banyak habitatnya terdapat di luar negeri seperti Filipina, Malaysia, Bangladesh, India, Srilangka, dan Nepal. Untuk wilayah Indonesia, penyebarannya banyak ditemukan di pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Di alam liar, burung ini menyukai hidup di kawasan hutan pada dataran-dataran tinggi dengan ketinggian 1800 m dari permukaan laut. Di sana mereka hidup berpasang-pasangan secara berkoloni namun dalam skala yang kecil, sekitar 6-8 burung saja, tapi terkadang juga bisa bergabung dengan kelompok burung jenis lainnya.
Untuk membedakan kelamin yang jantan dengan betina tidaklah terlalu sulit. Ciri-ciri Cucak Biru yang jantan memiliki warna biru yang terang pada bulu bagian punggungnya, pada bagian muka, dada, dan ujung ekor berwarna hitam legam, postur tubuh sedikit lebih besar, kemampuan variasi kicauannya lebih mumpuni. Sedangkan ciri-ciri Cucak Biru yang betina warna biru pada bulunya lebih lembut agak gelap, begitupun warna hitam di bagian tubuhnya agak kusam kecokelatan, tubuhnya lebih mungil, dan kemampuan suara kicauannya monoton.
Cucak biru merupakan burung pemakan buah dan serangga kecil. Buah-buahan favoritnya adalah pepaya dan pisang, untuk pakan serangga di alam bebas biasanya burung ini mencari makanan di atas pohon seperti ulat, jangkrik kroto, semut dan serangga kecil lainnya. Demi mendapatkan makanan, burung ini mampu melakukan perjalanan jauh ke suatu wilayah di mana mereka bisa mendapatkan makanan yang berlimpah, meskipun begitu burung Cucak Biru sangat jarang bermigrasi, biasanya mereka akan kembali lagi ke wilayah asal.
Bila sudah memasuki masa kawin, para pasangan Cucak Biru masing-masing akan memisahkan diri dari kelompok koloninya. Lalu mereka memasuki hutan lebat di mana mereka bisa membuat sarang dengan aman. Sangkar Cucak biru berbentuk bulat seperti mangkuk terbuka yang tersusun dari ranting, akar, daun yang berukuran kecil dan kering, juga sering ditemui adanya lumut hijau sebagai komponen penyusun sangkar.

vian bird farmBiasanya yang membuat sangkar adalah Cucak Biru yang betina, sangkar dibuat pada pepohonan yang lebat dan tinggi yang sukar ditemukan manusia dan menaruh telurnya di sana. Dalam satu kali masa kawin burung Cucak Biru betina menghasilkan dua telur saja, lama waktu menetas telur tersebut lebih kurang 13 hari. Setelah telur menetas, burung yang betina dan jantan secara bergantian memberi pakan.
Kelangkaan yang dialami burung Cucak Biru membuatnya sangat sulit ditemukan di pasaran, jika pun ada tentu saja harga jualnya menjadi sangat tinggi. Maka bila ada diantara penghobi yang mempunyai burung Cucak Biru maka termasuklah dia penghobi yang sangat beruntung.

No comments: