BURUNG JALAK SUREN

Mengenal Lebih Jauh Burung Jalak Suren 
 
Tidak hanya populer lantaran ocehan-nya yang cenderung cerewet dan berisik, jalak suren juga salah satu burung dari keluarga Sturnidae yang juga mempunyai tingkat kecerdasan yang mengagumkan. Bagaimana tidak, burung jalak yang satu ini juga diketahui mempunyai keahlian seperti burung beo yang mampu meniru suara manusia. Mungkin kapasitasnya tidak sehebat burung beo, namun kelebihan suara dari burung yang bernama latin (ilmiah) Sturnus contra tersebut dinilai lebih mencolok daripada beo. Mungkin dari kelebihanya itu juga, mengapa unggas yang satu ini juga kerap disebut sebagai burung penjaga rumah yang mana saat melihat orang asing ia seakan tidak mempunyai rasa takut dan bahkan bisa lebih ngotot dalam bersuara.

VIAN BIRD FARM 

Jenis Sturnus contra yang paling popler di Indonesia sendiri ialah jalak suren Jawa (gracupica contra jalla) dan Kalimantan (Gracupica contra floweri). Praktis keduanya mempunyai perbedaan fisik yang sedikit berbeda. Untuk jenis lokal mempunyai ciri-ciri jambul klimis yang bewarna hitam pekat. Jalak suren jawa usia muda biasanya ada beberapa bintik cokelat di paruh dan akan menghilang saat menginjak usia dewasa yang berubah menjadi warna putih gading. Sementara itu untuk jalak suren malaysia pada bulu pada dahinya terdapat warna putih. Berbeda dengan saudaranya, pangkal paruhnya lebih bewarna oranye. Untuk selebihnya, keduanya sama-sama mempunyai bakat kicauan mengagumkan dan bahkan tak jarang digunakan untuk memaster jenis burung penyanyi lain.

Kandang

Perawatan Harian

Dikutip dari omkicau.com, untuk perawatan harian jalak suren sendiri sebenarnya juga tidak berbeda dengan jenis burung penyanyi lain. Sebelum ataupun sesudah proses pemandian burung yang satu ini juga harus diangin-aginkan terlebih dahulu minimal selama 30 menit. Hanya saja yang perlu digaris bawahi adalah pemberikan pakan. Burung ini lebih menyukai pakan voer dengan kandungan protein yang tinggi seperti voer ayam, lele ataupun voer hijau biasa. Sementara itu pakan buah-buahan juga bisa diberikan dalam beberapa macam variasi, misalnya buah pisang kepok bisa juga diselingi buah apel dan pepaya. Adapun pakan protein lain-nya yang tak kalah penting dan musti diperhatikan. Pemelihara bisa memberikan 8 ekor jankrik dalam sehari. 3 ekor pada saat pagi dan 5 ekor pada sore hari. Takaran kroto cukup 1 sendok teh saja yang harus diberikan 2 kali dalam seminggu.


No comments: